Langsung ke konten utama

Menteri Kesehatan baru, perjuangan baru.

Baru sore tadi kita mengetahui bersama bahwa era Kepemimpinan Presiden dan Wakil Presiden baru yaitu Bapak Joko Widodo dan Jusuf Kalla mengumumkan kabinet barunya. Sudah pasti nama yang diusung untuk menjadi Menteri Kesehatan barulah yang ditunggu-tunggu oleh kita para pegiat di bidang kesehatan. Setelah beberapa nama terdengar sebagai calon kuat Menteri Kesehatan, ternyata yang muncul dan disebut Presiden Joko Widodo adalah Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, SpM (K).
Nila Moeloek, begitu panggilan akrab wanita ini, lahir di Jakarta, 11 April 1949. Beliau adalah seorang Guru Besar dan Ketua Medical Research Unit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Selain itu, dokter spesialis tumor mata yang cantik, ramah, energik dan cerdas, ini juga aktif dan menjabat sebagai Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan , anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI), anggota Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami), anggota International Society Orbital Disorder, Oculoplastic and Lacrimal Surgery, Ketua BPK PP Perdami dan Ketua/Anggota Seminat Tumor Mata-Plastik Rekonstruksi Perdami.
Dokter ahli bedah mata asal Sumatra Selatan berdarah Minang itu mengikuti jejak suaminya di kursi Menteri Kesehatan. Suaminya Prof. Dr. dr. H. Farid Anfasa Moeloek, Sp.OG, adalah mantan Menteri Kesehatan Kabinet Pembangunan VII (Presiden Soeharto) dan Kabinet Reformasi Pembangunan (Presiden BJ Habibie). Meski sebelumnya sempat tidak jadi disebutkan untuk menjadi Menteri Kesehatan pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid 2 oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono karena satu dan lain hal. Namun Ibu Nila justru menjadi Utusan Khusus Presiden RI untuk Millenium Development Goals (MDGs) pada tahun 2009-2014.
Beberapa saat setelah diumumkan Ibu Nila menyebutkan bahwa para calon menteri sebelum diumumkan mendapat arahan dari Presiden untuk menunggu dan melihat program yang ditetapkan. Setelah itu akan dijabarkan untuk masing-masing kementerian. Menurut Ibu Nila yang paling penting ke depan adalah tetap mengedepankan perlunya promosi dan pencegahan berbagai penyakit. "Sebenarnya kesehatan itu bagaimana menjaga kesehatan. Pencegahan lebih baik. Tidak boleh menunggu. Kuratif akan menelan biaya lebih besar," kata Ibu Nila pada KompasTV di Istana Negara, Minggu (26/10/2014).
Indonesia baru saja memilih pendekar-pendekarnya untuk berjuang dan berevolusi. Bersama membangun sejarah baru dalam era pergulatan mental yang kuat dan berat. Kita tahu inilah saat baru yang ditunggu-tunggu untuk perubahan Indonesia dan kesehatannya yang semakin maju. Selamat bertugas dan mengemban amanah, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, SpM(K). Selamat menjalankan program baru yang benar-benar mengedepankan aspek promotif dan preventif. Semoga program-programnya dapat berjalan sinergis dan Indonesia semakin sehat.

Salam sehat dan cinta dari kami, anak-anakmu, Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia. J

Dimuat dalam laman www.ismkmi.org

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karena Mahasiswa Sehat dari Masyarakat

Mahasiswa bukan hanya kata ‘maha’ di depan kata ‘siswa’. Mahasiswa itu sudah bukan siswa yang tugasnya hanya belajar, bukan rakyat biasa, bukan pula pemerintah. Mahasiswa memiliki tempat tersendiri di lingkungan masyarakat, namun bukan berarti memisahkan diri dari masyarakat. Karena kedudukannya, mahasiswa sendiri menjadi memiliki banyak peran dalam kehidupan bermasyarakat, tidak terlepas dari bidang mereka masing-masing.

Navigasi

Senin yang ceritanya long weekend kemarin, aku dan bapake bertandang ke suatu tempat untuk tujuan tertentu. Ceritanya dapet kontak orang yang mau dituju di instagram nih. Yaudah aku hubungi lah dia. Setelah menceritakan maksud dan tujuan aku ingin berkunjung, si mbak yang menerima respon kontak memberikan infomasi arah ke alamat tujuan. Ceritanya di bio instagram dia udah ada info lokasi. Tapi cuma nama kecamatannya doang. Kutanya, sebelah mananya ya mba? Beliau bilang, "kalau dari arah kota perempatan pasar belok kiri, mba. nanti ketemu pertigaan, belok kiri lagi. Lurus aja terus nanti mentok nah itu rumahnya pas mentok jalan. Namanya mas ini" Oke, kita ikuti..

Ngeluh sama kerjaan?

Saat itu di suatu pagi dimana aku dapet panggilan wawancara di salah satu kantor cabang BUMN di kota perantauan waktu kuliah, banyak hal yang aku yakini itu skenario epic dari Allah terjadi. Jadwal wawancara jam 10 pagi. Karena waktu tempuh yang lumayan, aku berangkat dari rumah jam 7.30. Jelas sesampai di kota tujuan waktu untuk tiba di kantor masih longgar sekali. Setelah menyelesaikan urusan kekurangan pritilan berkas yang harus dibawa, aku mampir ke satu masjid favorit jaman kuliah. Masih jam 9 kurang sekian menit ketika setelah mengambil air wudhu aku masuk ke pintu jamaah putri. Ada sekitar 3 orang perempuan di dalam. Salah satunya ada di dekat tempatku sholat, sedang melantunkan ayat suci. Ketika selesai ritual dhuha, aku mundur menyenderkan bahu ke tembok belakang. Sambil membenarkan posisi kerudung, mbak-mbak yang baru saja selesai ngaji itu menyapaku, "Kerja dimana mba?".